Lamteng Raih 4 Tropi di Pameran Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024

By Admin
Sabtu, 13 Juli 2024 | 45 Views
Array

Lampung Tengah ~FNNews~Acungan jempol layak disampaikan kepada Pemkab Lampung Tengah (Lamteng). Betapa tidak. Partisipasinya dalam kegiatan Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), sejak Rabu (10/7/2024) hingga Jum’at (12/7/2024) kemarin, sungguh sangat tidak sia-sia.

Stand Lamteng yang memamerkan berbagai potensi pertanian lokal seperti olahan singkong dan nanas serta produk-produk UMKM hingga keberadaan perusahaan-perusahaan ternama, termasuk peternakan sapi terbesar di Lampung, berhasil meraih juara umum dalam acara bergengsi tersebut.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lamteng, Drs. Benny Sufiaga, AP, MH, selaku penanggungjawab stand Lamteng pada perhelatan Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024, Sabtu (13/7/2024) pagi, selain berhasil meraih tropi juara umum, Lamteng juga mendapatkan penghargaan sebagai juara kategori atraktif, juara kategori inovatif, dan best performance Fashion Show Wastra Nusantara.

“Alhamdulillah. Sukses besar ini berkat kerja keras dan penuh tanggung jawab dari seluruh jajaran tim pelaksana pameran Investasi Apkasi Otonomi Expo Tahun 2024 dari Lampung Tengah, dan tentu juga berkat bimbingan pak sekda maupun bupati. Yang pasti, keberhasilan ini merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Lampung Tengah secara keseluruhan,” tutur Benny.

Menurut Benny, keberhasilan mendulang sukses dalam ajang pameran Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024 merupakan wujud nyata dari kerja sama yang baik antar berbagai pihak terkait yang dipercaya pimpinan Pemkab Lampung Tengah.

Mengacu pada surat keputusan Pj Sekda Lamteng, Kusuma Riyadi, tertanggal 4 Juli 2024, tim pelaksana kegiatan dalam rangka pameran Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024 terdiri dari: pengarah adalah Pj Sekda dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dengan penanggungjawab Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Posisi ketua tim pelaksana dijabat Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sedangkan anggotanya terdiri dari: 5 orang unsur Bappeda, 6 orang unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 7 orang dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik, 6 orang unsur Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, dan 16 orang unsur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Selain itu, 7 orang unsur dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, 6 orang dari unsur Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura, 6 orang unsur Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan, 5 orang dari Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah, 6 orang dari Bagian Umum Sekretariat Daerah, dan 16 orang unsur dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah. 

Yang juga patut menjadi catatan, stand Lamteng secara khusus pernah dikunjungi oleh Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, pada Rabu (10/7/2024) siang. Walikota Solo tersebut tampak mengagumi beberapa produk yang dipamerkan. Utamanya produksi nanasnya.

Kedatangan Gibran ke stand Lamteng itu, diakui Benny Sufiaga, merupakan sebuah kejutan yang sangat membanggakan. Dan membahagiakan bagi beberapa petinggi OPD Pemkab Lamteng yang saat itu tengah berada di stand pameran. 

Kepala Dinas Kominfotik Lamteng, Edi Supena, yang mendampingi Gibran saat mengunjungi stand, memberikan penjelasan sekilas tentang pengalengan nanas hingga bahan olahan dari nanas. 

Putra tertua Presiden Jokowi itu tampak antusias mendengarkan penjelasan Edi Supena mengenai produk olahan nanas tersebut. Selain itu, Gibran juga melihat hasil olahan dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan pengrajin yang membuat tenun tapis secara langsung di lokasi acara.

Sejak hari pertama pameran Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024 digelar, stand Lamteng memang banyak menarik perhatian pengunjung. Tercatat beberapa pejabat dan tokoh penting cukup antusias melihat dan meminta penjelasan mengenai berbagai produk yang dipamerkan. Begitu pun dengan puluhan pengunjung lainnya.

Sebagaimana diketahui, selain pameran Investasi Apkasi Otonomi Expo 2024, juga digelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Hall A JCC, ditandai dengan pemukulan gong pada Rabu (10/7/2024) pagi. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Lamteng serta beberapa kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Lamteng. (gilang)

Array

Berita Terkait

Tutup
Tutup