Pemilihan Muli Mekhanai Pesawaran ‘Dikuasai’ Wakil OPD

By Admin
Kamis, 2 Mei 2024 | 135 Views
Array

Pesawaran-FNNews-Perhelatan agenda tahunan bertajuk Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 yang acara puncaknya digelar Selasa (30/4/2024) malam di Gedung Graha Adora, Negeri Sakti, Gedong Tataan, menyisakan pertanyaan pada berbagai kalangan warga setempat.

Apa penyebabnya? Tidak lain karena dari empat pasang muli mekhanai yang mendapatkan juara, tiga di antaranya merupakan perwakilan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkab setempat.

Benarkah demikian? Ini datanya berdasarkan penjelasan dari Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Anggun Saputra, Rabu (1/5/2024) siang.

Menurut dia, yang terpilih sebagai Muli Mekhanai Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 adalah Ajeng Nafisha dan Ronaldo Fero.

Diketahui, Ajeng Nafisha merupakan perwakilan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), sedang Ronaldo Fero berasal dari Dinas PUPR.

Sebagai runner up atau juara 2 adalah Racel Amanda dari BKPSDM dan Reynaldi Anditanata dari Dinas Kominfo. Juara 3 muli diraih Cici Romantika dari Dinas PUPR, dan M. Kelvin Wijaya sebagai mekhanai utusan dari Dinas PMD.

Sementara, Muli Favorit Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 adalah Sukma Anggraini dari MPAL, dan mekhanai favorit diraih Firwanda Sandi Pradipta dari masyarakat umum.

Dengan komposisi enam pemenang Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesawaran Tahun 2024 merupakan perwakilan OPD dan hanya dua dari unsur masyarakat, tentu menimbulkan pertanyaan tersendiri. 

Apalagi, saat memberikan sambutan pada acara tersebut, Bupati Dendi Ramadhona sempat menyatakan kebanggaannya karena dari 80 peserta, hanya delapan orang yang berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesawaran.

Menurutnya, hal itu menunjukkan besarnya antusias masyarakat dalam mengikuti ajang pemilihan muli mekhanai tahun 2024 ini.

Tidak dinyana, justru enam dari delapan utusan OPD itulah yang memenangi pemilihan muli mekhanai dan hanya menyisakan dua juara saja, yaitu muli dan mekhanai favorit yang berasal dari unsur masyarakat umum.

Terlepas dari fakta tersebut, menurut Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Anggun Saputra, pemilihan muli dan mekhanai ini pada hakikatnya memiliki arti penting dan strategis, karena mereka yang telah terpilih akan menjadi duta Kabupaten Pesawaran dalam menyampaikan kepada masyarakat luas tentang potensi wisata maupun informasi pembangunan yang telah, sedang, dan akan dilakukan di Bumi Andan Jejama.

Mengenai proses yang dijalani peserta pemilihan muli mekhanai, Anggun menguraikan, pendaftaran dimulai dari 5 Februari hingga 21 April 2024 yang merupakan perwakilan dari 11 kecamatan. Ditambah pendaftar dari OPD, jumlah total peserta mencapai 80 orang, yang terdiri dari 40 muli dan 40 mekhanai.

Mereka, kata Anggun, mengikuti pembekalan materi selama tiga hari, tanggal 22-24 April 2024 di Aula Pemkab Pesawaran, dilanjutkan dengan pembekalan lagi pada hari Minggu (28/4/2024) di Hotel Holiday Inn.

Setelah melalui seleksi yang ketat, hanya 25 pasangan muli mekhanai yang mengikuti Grand Final Muli Mekhanai di Graha Adora, Negeri Sakti, Gedong Tataan, Selasa (30/4/2024) malam.

Dan pada saat itulah diumumkan Muli Mekhanai Kabupaten Pesawaran Tahun 2024, yaitu Ajeng Nafisha perwakilan dari BPKAD dan Ronaldo Fero perwakilan dari Dinas PUPR.

Anggun menambahkan, masing-masing juara muli dan mekhanai mendapatkan uang pembinaan dan bingkisan dari sponsor.

Sebagaimana diketahui, hadir dalam puncak acara pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pesawaran 2024 itu Bupati Dendi Ramadhona dan istri; Nanda Indira, anggota DPRD, jajaran Forkopimda, para kepala OPD, dan banyak lagi lainnya. (gilang)

Array

Berita Terkait

Tutup
Tutup