Mukhlis Basri Diharapkan Maju Pilgub Lampung

By Admin
Selasa, 16 April 2024 | 44 Views
Array

Provinsi Lampung-FNNews-Seiring mencuatnya beberapa nama tokoh yang bakal maju dalam pemilihan Gubernur Lampung tahun 2024, banyak elemen masyarakat yang menginginkan Mukhlis Basri turut berkontestasi.

Menurut penelusuran media ini pada beberapa wilayah di Bandar Lampung, Lampung Selatan, dan Lampung Timur, nama anggota DPR RI dari PDIP tersebut cukup populer dan diharapkan maju pada pilgub mendatang.

Hanya saja, kata seorang politisi senior yang mengenal betul karakter Mukhlis Basri -yang beken disapa MB-, tidak mungkin tokoh kelahiran Lambar 24 Februari 1964 itu akan “menawarkan” dirinya.

“MB itu punya karakter idealisme dan sifat tahu diri yang sangat kuat. Dia akan maju kalau itu perintah partai. Sebaliknya, walau dukungan untuk dia maju cukup banyak, kalau partai tidak menugaskan, dia tidak bakal maju,” ucap politisi senior yang mengenal baik MB ini, Senin (16/4/2024) pagi.

Karena itu, ia menyarankan, jika masyarakat menghendaki MB jadi Gubernur Lampung, ayo dukung sejak sekarang. Kita sosialisasiin profilnya ke masyarakat. Kalau DPP PDIP tahu aspirasi rakyat, inshaallah MB dapat rekomendasi,” urai politisi senior yang namanya tidak mau dituliskan ini.

Sementara Rahmat Kartolo menilai, MB sangat pantas memimpin Provinsi Lampung. Dengan pengalaman dua periode menjadi Bupati Lampung Barat dan kini juga bakal dua periode sebagai anggota DPR RI, tentu tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

“Kalau Mukhlis Basri maju pilgub, kami para petani di Lampung Selatan pasti milih dia. Karena dia kan memang anak petani. Makanya, walau pernah jadi bupati dan sekarang anggota DPR RI, tetep nggak sombong sama siapa aja,” kata Rahmat, warga Palas, Lampung Selatan, Senin (16/4/2024).

Hal senada dinyatakan tokoh muda Lampung Timur, Johan Abidin. Menurutnya, sosok seperti Mukhlis Basri sangat tepat memimpin Lampung kedepan.

“Pembawaannya yang familiar, tidak gila hormat, dan punya program pengembangan potensi wilayah yang bagus, adalah kelebihannya. Dia bisa merangkul semua elemen masyarakat tanpa membeda-bedakan asal usul, agama maupun status sosial,” kata Johan Abidin melalui telepon, Minggu (15/4/2024) malam.

Dorongan agar Mukhlis Basri (MB) ikut Pilgub Lampung juga telah menggelinding.

Adalah DPD PS Siliwangi Indonesia Bersatu Provinsi Lampung yang meminta politikus senior itu ikut kontestasi Pilkada Lampung.

Untuk menunjukkan kesungguhannya, sejumlah guru besar beserta jajaran pengurus DPD PS Siliwangi Indonesia Bersatu Provinsi Lampung datang ke rumah MB di Perumahan Korpri, Kecamatan Sukarame, Bandar Lampung, Senin (15/4/2024) kemarin.

“Kami mendukung Ketua DPD PS Siliwangi Indonesia Bersatu Lampung, MB, jadi Gubernur Lampung,” ujar Imam Teguh, salah seoramg Pengurus DPC Siliwangi Indonesia Bersatu Kabupaten Pesawaran, sebagaimana dikutip dari heloindonesia.com.

Alasan mereka, MB sosok pemimpin yang sangat peduli dengan masyarakat kecil, dekat dengan rakyat, peduli dengan petani, nelayan, pekerja seni, kelompok UMKM, ormas, serta berteman dengan banyak pihak.

Guru besar beserta jajaran pengurus DPD PS Siliwangi Indonesia Bersatu Provinsi Lampung itu yakin, MB dapat membawa perubahan Provinsi Lampung untuk menjadi lebih baik, maju dan berdikari.

Sebagaimana diketahui, MB memang politisi tulen. Ia memulai jejak politiknya dengan menjadi Ketua Ranting PDIP di tanah kelahirannya, Kecamatan Kebun Tebu, Lambar.

Berkat ketelatenannya bergerak di dunia politik, ia pun duduk sebagai anggota DPRD Lambar periode 1999-2002. Lalu menjadi Wakil Bupati Lambar 2002-2007.

Kariernya terus menaik. MB terpilih sebagai Bupati Lambar periode 2007-2012. Kemudian melanjutkan jabatannya di periode 2012-2017.

Pada Pemilu 2019, ia terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil Lampung I dan melalui pemilu 14 Februari 2024 lalu, MB kembali melenggang ke Senayan dengan perolehan suara 83.393.

Untuk internal PDIP, MB bisa dibilang benar-benar kader militan. Hal itu terbukti ia tiga kali menjabat Ketua DPC PDIP Lambar, yaitu periode 2000-2005, 2005-2010, dan 2010-2015. Baru kemudian menjadi Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung periode 2015-2020.

Ia memang pernah mentas dalam Pilgub Lampung tahun 2014 silam berpasangan dengan Berlian Tihang. Namun seiring “mulai ngaturnya” perusahaan SGC dalam urusan politik, pasangan Berlian Tihang – MB menuai kekalahan. 

Kini, banyak pihak berharap MB maju pilgub. Akankah politisi senior yang amat bersahaja ini “berminat”? Sayangnya, MB belum berhasil dimintai penjelasan hingga berita ini ditayangkan. (gilang)

Array

Berita Terkait

Tutup
Tutup